Tensi tinggi ataupun hipertensi yaitu sebuah kondisi saat tekanan darah 140/90 mmHg ataupun lebih itu. Kondisi ini akan memicu aneka penyakit yang mengerikan seperti contoh penyakit jantung, stroke, serta panyakit ginjal.

Usia serta sejarah keluarga dengan hipertensi memang dapat meningkatkan resiko seseorang tertimpa hipertensi, namun pola hidup sehat dapat menurunkan potensi itu.

“Kita tak dapat mengubah mengenai usia, namun kita dapat melaksanakan sesuatu dengan pola hidup kita,” jelas dokter penyakit dalam berasal dari New York Universitas School of Medicine , Amerika Serikat, Gbenga Ogedegbe.

Di Hari Hipertensi Sedunia yang mana jatuh tepat pada hari ini berikut beberapa hal yang dapat di lakukan untuk menurunkan resiko hipertensi,seperti mengutip Everyday Health, Hari rabu (17/5/2017).

1. Jaga berat tubuh tetap sehat

Berat tubuh ideal merupakan salah 1 hal terpenting dalam menahan hipertensi, seperti di ungkapkan Ogedegbe. Hingga orang-orang dengan berat tubuh berlebih sebaiknya berusaha menurunkan berat tubuh serta untuk yang telah mempunyai berat tubuh normal mesti menjaganya.

2. Diet seimbang

Mengkonsumsi makanan sehat dengan menerapkan diet seimbang menolong mengontrol tejanan darah. Pastikan pun juga di dalamnya mempunyai kandungan buah serta sayur lebih-lebih yang mempunyai kandungan kalium.

3. Konsumsi garam secukupnya

Untuk sebagian orang, menerapkan diet rendah garam dapat menolong menjaga tekanan darah agar normal. “Semakin tinggi asupan kadar garam, tekanan darah cenderung meninggi,” jelas Ogedegbe.

4. Olahraga rutin

Ayo banyak beranjak untuk menahan hipertensi. Walau cuma sedikit meluangkan waktu untuk berolahraga itu telah dapat menolong mengontrol tekanan darah. Ya, paling tak berolahraga masing-masing 30 menit sehari 3 kali seminggu.

5. Batasi asupan alkohol

Mengkonsumsi alkohol terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah tinggi. Disarankan, perempuan serta laki-laki sebaiknya tak disarankan untuk mengkonsumsi lebih dari 1 gelas per hari.

6. Rutin mengukur tekanan darah

Pastikan untuk selalu mengukur tekanan darah secara teratur sebab kondisi tekanan darah tinggi tak bergejala. Hingga apabila ketika diukur tekanan darah masuk kedalam prehipertensi (120-139/80-89 mmHG), dokter dapat melaksanakan intervensi untuk menurunkan resiko menjadi hipertensi.

Lakukan 6 Cara Ampuh Terhindar dari Hipertensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *