Daftar penyebab kanker semakin panjang. Para spesialis telah memberitahu kami untuk menghindari merokok dan paparan sinar radiasi UV dari polusi matahari. Seperti dikutip dari situs Time, Hari selasa (14/2), kini WHO berkata bahwa minuman panas seperti kopi, teh serta mate termasuk dalam daftar tersebut juga.

Sebuah kelompok International Agency for Research on Cancer, terdiri dari sebanyak 23 ilmuwan dari 10 negara, mengulas sebanyak 1.000 studi yang menyelidiki sebuah hubungan antara minuman suhu tinggi serta hubungan potensial untuk kanker.

Menurut bukti yang ada, mereka akhirnya menyimpulkan bahwa minum minuman yang cukup panas, yang mereka definisikan minuman diatas suhu 149F (65C) terkait dengan resiko lebih tinggi tertimpa kanker esofagus. Menurut kesimpulan mereka, yang diterbitkan kedalam jurnal Lancet Oncology , pada study yang menemukan tingkat lebih tinggi dari kanker esophagus antar orang yang minum teh yang cukup panas ataupun kopi dibanding dengan mereka yang mengonsumsi minuman mereka dengan suhu yang rendah.

Kaitannya ke kanker masih kuat bahkan setelah mereka sudah menyesuaikan dengan hal seperti merokok serta faktor resiko kanker yang lain. Studi pada hewan pun juga kelihatannya mengisyaratkan bahwa air bahkan cukup panas bisa meningkatkan resiko kanker jenis ini, mungkin sebab luka bakar di suhu jaringan halus di kerongkongan dan kerusakan yang lalu bisa memicu perputaran cepat dari sel-sel, beberapa masalah bisa mengakibatkan pertumbuhan ganas di luar kontrol.

“Akhir-akhir ini, lebih banyak study yang mengontrol faktor seperti memberi dukungan manfaat kopi dalam menurunkan resiko kanker di bagian-bagian tertentu dari badan. Namun untuk 20 jenis kanker yang lain, bukti itu tak cukup kuat untuk menyarankan baik manfaat ataupun resiko, hingga IARC mengubah sebutan untuk “bukti tak memadai untuk karsinogenisitas pada minum kopi secara keseluruhan,” jelas Dana Loomis, wakil ketua IARC.

Dalam studi kelompok ulasan ini, kelihatannya ada peningkatan resiko kanker esofagus cuma saat orang minum minuman yang cukup panas, biasanya diatas 149F. The National Coffee Association USA menyarankan memegang kopi di 180 untuk 185 F; sebagian besar para enjual kopi melayani minuman mereka disekitar 10 derajat di bawahnya.

Hati-Hati, Kopi Panas Sebabkan Kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *